هَذِه الْجَارِيَة لَيست ملكا لنا وَلَيْسَ لَهَا أَن تتصرف فِي لَبنهَا وأصحابها لم يأذنوا فِي ذَلِك
“Budak perempuan ini bukan milik kita, maka tidak boleh baginya untuk memberikan ASI-nya tanpa izin dari tuannya.”
Beliau pun mulai belajar Al-Quran dan ilmu syariat yang lain kepada para ulama di kotanya, terkhusus lagi kepada ayahnya, Syaikh Abu Muhammad Al-Juwaini. Hingga ketika umur beliau 20 tahun, ayahnya wafat, dan beliaulah yang menggantikan kedudukan ayahnya, mengajar dan berfatwa. Lalu beliau belajar kepada Abul Qosim Al-Isfirayini murid dari Abul Ishaq Al-Isfirayini, ulama ternama dalam madzhab Syafii di Masjid Al-Baihaqi.
Hingga suatu saat, terjadilah suatu fitnah yang membuat beliau harus pergi dari kotanya Naisabur menuju camp pasukan kerajaan. Lalu beliau pergi menuju Baghdad, belajar dan berdiskusi di sana bersama para ulama, dimana Baghdad pada saat itu juga masih dikenal dengan kota ilmu. Lalu beliau pun pergi ke tanah haram, Makkah. Beliau laksanakan haji, lalu bermukim di sana kurang lebih selama empat tahun. Mengajar, memberi fatwa, bagi para penduduk Makkah dan penduduk kota lain yang datang, termasuk dari kota Madinah. Hingga disematkan julukan Imam Al-Haramain (Imam Dua Tanah Haram) kepadanya.
Kemudian, beliau pun kembali ke kota asalnya, Naisabur, setelah selesai fitnah yang terjadi. Kemudian dibangun untuk beliau madrasah yang sangat terkenal dikemudian hari, Madrasah Nidzomiyyah. Beliau mengajar disana, dan majelisnya selalu dipenuhi dengan para penuntut ilmu.
Diantara karya tulis beliau, Nihayatul Mathlab wa Diroyatul Madzhab (fikih Syafii), Al-Irsyad (aqidah), Asy-Syamil (ilmu kalam), Al-Burhan (usul fikih), At-Talkhis (usul fikih), Madarikul Uqul (belum terselesaikan), Ar-Risalah An-Nizomiyyah (belum terselesaikan), Al-Ahkam Al-Islamiyyah, Ghiyatsul Umam fit Tayyats Adz-Dzulm, Mughitsul Kholq fi Ikhtibaril Ahaq, Ghunyatul Mustarsyidi. Termasuk juga matan usul fikih yang masyhur, Al-Waroqot.
Dan beliau juga memiliki banyak murid, diantaranya Muhammad bin Hatim Abul Hasan At-Thusi (512 H), Abu Abdillah Al-Farawi Faqih Al-Haram (549 H), dan Imam Al-Ghozali Abu Hamid Muhammad bin Muhammad (505 H).
Beliau wafat di bulan Rabiul Akhir tahun 478 H, dan dimakamkan di dekat makam ayahnya di Naisabur.
Cukuplah kita dengan pujian satu ulama besar yang sezaman dengan Imam Al-Haramain, yaitu Syaikh Abu Ishaq Asy-Syirozi, penulis kitab At-Tanbih, Al-Muhadzdzab, Al-Luma’, dan lainnya. Beliau mengatakan kepada Imam Al-Haramain;
يَا مُفِيد أهل الْمشرق وَالْمغْرب لقد اسْتَفَادَ من علمك الْأَولونَ وَالْآخرُونَ
“Duhai pemberi ilmu penduduk timur dan barat, sungguh telah mengambil ilmu darimu orang yang terdahulu dan belakangan.”
Diantara petuah-petuah yang beliau sampaikan, menunjukkan beliau rujuk dari ilmu kalam. Sebagaimana yang disebutkan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Thobaqot Syafiiyiin (1/448), bahwa Al-Faqih Abul Fath At-Thobari berkata;
دخلنا مجلس أبي المعالي في مرضه فقال
"Kami pernah bertemu dengan Abul Ma'ali Al-Juwaini dalam majelisnya. Lalu beliau berkata;
اشهدوا علي إني قد رجعت عن كل مقالة تخالف السلف و إني أموت على ما يموت عليه عجائز نيسابور
"Saksikanlah bahwa aku telah rujuk dari semua ucapan yang menyelisihi para ulama salaf. Dan sesungguhnya aku meninggal atas agama yang meninggal dengannya para orang sepuh di Naisabur."
Dan Ibnu Katsir juga menukil ucapan Abu Ma'ali Al-Juwaini dalam kitabnya Risalah Nidzomiyyah;
ذهب أئمة السلف إلى الانكفاف عن التأويل و إجراء الظواهر على مواردها و تفويض معانيها إلى الرب تبارك و تعالى
"Dan para ulama salaf bermadzhab kepada menahan diri dari takwil (ayat-ayat sifat -edt) dan membiarkannya sesuai dhohirnya dan menyerahkan maknanya kepada Rabb Ta'ala."
Wallahu Ta'ala A'lam
Oleh Abu Harits Danang Santoso Al-Jawi
Pengasuh Fiqhgram
_
Referensi:
1. Thobaqot Asy-Syafiiyyah Al-Kubro. Tajuddin Abdul Wahhab bin Taqiyuddin As-Subki (w.771 H). Hajr. Cetakan kedua. Tahun 1993.
2. Thobaqot Asy-Syafi’iyyin. Al-Hafidz Abul Fida Ismail bin Umar bin Katsir (w.774 H). Beirut, Darul Madar Al-Islamiy. Cetakan pertama.
3. Thobaqot Fuqoha Syafiiyyah. Al-Hafidz Ibnu Sholah (w.643 H). Beirut, Darul Basyair Al-Islamiyyah. Cetakan pertama. Tahun 1992.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar