.
Ù
ا ÙÙ٠اÙإزار
"Apa yang ada di atas kain sarung.".
Al-Hafidz Ibnu Hajar menyampaikan; hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud.
.
Dan memang benar demikian adanya. Namun ada riwayat lain yang shahih, melalui jalur HarÄm bin HakÄ«m dari pamannya Abdullah bin Sa'Ä«d radhiyallahu anhu. Dan riwayat ini pun disebutkan oleh Abu Dawud dalam sunan-nya (hadits no.212). Dan dishahihkan oleh Al-ArnÄÅ«th, dan sebelum itu Ibnu Mulaqqin dalam Tuhfatul MuhtÄj ila Adillatil MinhÄj (1/233) menyebutkan;
.
رÙا٠أؚ٠داÙد ؚإسÙاد جÙد ٠أÙ
ا اؚ٠ØزÙ
ÙÙÙا٠ÙØراÙ
Ùذا Ù Ùا٠Ù٠ضعÙÙ Ù ÙÙس ÙÙ
ا Ùا٠ÙÙد ÙØ«Ù٠دØÙÙ
٠اÙعجÙÙÙ
.Makna hadits ini pun diperkuat dengan hadits Aisyah radhiyallah anha dimana beliau berkata;
.
ÙَاÙَتْ Ø¥ØْدَاÙَا إذَا ÙَاÙَتْ Øَا؊ِضًا، Ùأرَادَ رَسÙÙُ اÙÙَّÙِ صَÙَّ٠اÙÙÙُ عÙÙÙ ÙسÙَّÙ
َ Ø£Ùْ ÙُØšَا؎ِرَÙَا Ø£Ù
َرَÙَا Ø£Ùْ تَتَّزِرَ ÙÙ ÙَÙْرِ ØَÙْضَتِÙَا، Ø«ُÙ
َّ ÙُØšَا؎ِرُÙَا
"Adalah salah seorang dari kita ketika haidh dan Nabi shallallahu alaihi wa sallam ingin mencumbunya, maka beliau memerintahkan dia untuk memakai kain sarung ketika haidh, lalu beliau mencumbunya."[ HR.Bukhari (302), Muslim (293) ]
.
Kesimpulannya adalah, bahwa diharamkan bagi laki-laki mencumbu istrinya pada saat haidh pada bagian tubuh antara pusar sampai lutut, dalam pendapat resmi madzhab. Namun sebagian ulama madzhab memperbolehkannya, seperti Abu IshÄq Al-MarwazÄ«, pilihan Imam Nawawi dalam Al-Majmu' dimana beliau mengatakan;
.
ÙÙ٠اÙØ£ÙÙÙ Ù
Ù ØÙØ« اÙدÙÙÙ ÙØدÙØ« Ø£Ùس رض٠اÙÙ٠عÙÙ ÙØ¥Ù٠صرÙØ Ù٠اÙإؚاØØ©
.Dan pendapat ini yang tampak dari sikap (shonÄ«') Al-HÄfidz Ibnu Hajar dalam BulÅ«ghul MarÄm.
.
Wallahu Ta'ala A'lam
.
Jombang, 20 November 2023
Abu Harits Al-Jawi
t.me/fiqhgram | abuharits.com
.
#bulughulmaram #mulazamahalburuj #fikihhadits #fikihdarahwanita #fikihbersuci #faedahkitab #faedahkajian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar