Disebutkan dalam Umdatul Mufti wal Mustafti:
صرح الشيخ عز الدين بن عبد السلام في قواعده بندب النظر إلى الخطيب حال الخطبة، وتبعه باقشير الحضرمي في القلائد فقال: يسن النظر إلى الخطيب والمؤذن حال الخطبة والأذان،
Syaikh ‘Izzudin bin Abdis Salam -semoga Allah merahmati beliau- mengungkapkan pada kitab Qawaid-nya (Qawaidul Ahkam Fi Islahil Anam -pen) tentang disunnahkannya mengarahkan pandangan kepada khatib ketika berkhutbah.
Pendapat ini juga diikuti oleh Syaikh Baqusyair Al-Hadramy pada kitabnya Al-Qalaid, beliau -semoga Allah merahmati nya- berkata:
Disunnahkan memandang ke arah khatib dan muadzin ketika khutbah dan adzan.
وبحث الشبراملسي في حواشي النهاية عدم استحباب النظر إلى الخطيب حال الخطبة، وكأنه لم يقف على كلام ابن عبد السلام، فإنه من كبار الأصحاب وممن بلغ رتبة الاجتهاد في المذهب، ومع ذلك فبحث الشبراملسي وجيه، إذ عدم الالتفات أجمع للقلب، ونحن مأمورون بالإنصات قلبا ولسانا
“ Sedangkan menurut kajian Syaikh Syubramilisi -semoga Allah merahmati beliau- pada catatan kaki kitab An-Nihayah, menyatakan tidak disunnahkan memandang ke arah khatib ketika khutbah.
Sepertinya Syaikh Syubramilisi belum menelaah penjelasan Syaikh ‘Izzudin bin Abdis Salam. Karena Syaikh ‘Izzudin termasuk dari tokoh besar dalam madzhab Syafi’iy, beliau termasuk dalam tingkatan ulama yang sudah boleh berijtihad dalam madzhab Syafi’iy.
Tetapi tetap, kajian yang dilakukan Syaikh Syubramilisi ada benarnya, karena dengan tidak menengok lebih bisa membuat hati khusyuk (mendengarkan khutbah -pen), sedangkan kita diperintahkan untuk diam baik hati maupun lisan (fokus mendengarkan khutbah -pen).”
Umdatul Mufti wal Mustafti (1/163)
Syaikh Al-‘Izz bin Abdissalam -semoga Allah merahmati beliau- berpendapat dalam Qawaidul Ahkam beliau setelah membuat pasal tentang hukum-hukum berkaitan panca indra manusia, dimulai dengan mata:
وأما الاستحباب: فكالنظر إلى الكعبة وإلى المصاحف وكتب العلم للقراءة وإلى الخاطبين في الخطب المشروعات والخاطبين السائلين والمجيبين، وإلى المصنوعات كلها للتفكر في القدرة ونفوذ الإرادة وبديع الحكمة، وكذلك النظر إلى منازل الهالكين للاتعاظ والاعتبار.
Adapun hukum melihat yang sunnah: seperti melihat Ka’bah atau mushaf Al-Quran atau buku-buku ilmu agama untuk membacanya. Juga sunnah melihat kepada para khatib pada khutbah-khutbah yang disyariatkan (Jumat, ‘Ied, Kusuf, Istisqa’, dsb -pen). Demikian juga melihat kepada mereka yang dikhitbah (dilamar), baik yang melamar (pria), maupun yang dilamar (perempuan).
Disunnahkan pula melihat kepada ciptaan-ciptaan Allah supaya dapat merenungi kuasa Allah dan bahwa kehendak-Nya pasti terlaksana, serta hikmah yang indah dibalik setiap ciptaan-Nya.
Begitu juga disunnahkan melihat kepada situs-situs kuno yang telah hancur sehingga ia dapat mengambil peringatan dan pelajaran dari mereka.
Qawaidul Ahkam Fi Mashalihil Anam (1/231)
**
📚 Adab-Adab Jumat, Syaikh Labib Najib
📚 Qawaidul Ahkam Fi Mashalihil Anam, Imam Izzudin bin Abdissalam
✍️ Alih bahasa oleh Ahmad Reza Lc
🔔 Klik fiqhgram untuk mendapatkan update khazanah fikih Islam dan faedah dari Fiqhgram.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar